BPBD Terus Antisipasi Terjadi Bencana Di Daerah Rawan Bencana

Pasca dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati bahwa Kabupaten Bondowoso dikategorikan sebagai daerah siaga bencana mulai tanggal 1 Januari sampai dengan 28 Februari 2017 mendatang, membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terus melakukan persiapan untuk mengantisipasi terjadinya bencana di daerah-daerah rawan bencana.

“Dengan dikategorikannya Kabupaten Bondowoso sebagai daerah siaga bencana, selain menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang selalu siaga 24 jam, BPBD juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk terus siaga dalam menghadapi bencana yang diprediksi akan terjadi beberapa hari kedepan,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD, Winarto, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/2/2017).

Menurutnya, dari data yang dimiliki BPBD Kabupaten Bondowoso, kejadian bencana yang paling sering terjadi adalah tanah longsor yang disusul dengan puting beliung dan banjir bandang.

“Untuk menghadapi bencana tanah longsor, dititik rawan longsor tersebut kami memasang plang peringatan sehingga masyarakat berhati-hati dalam melakukan aktivitas disana. Itu merupakan salah satu persiapan kami menghadapi terjadinya bencana,” tukasnya.(admin bpbd)



Tinggalkan Balasan