Pembentukan Santri dan Siswa Tanggap Bencana di Kab. Bondowoso Tahun 2018

Kabupaten Bondowoso memiliki luas wilayah 1.560,10 Km2 dengan kondisi topografi wilayah yang bervariasi, mulai dari dataran sampai berbukit dan bergunung, sehingga berbentuk cekungan besar (basin). Gugusan gunung yang mengelilingi Kabupaten Bondowoso adalah : di sebelah timur terdapat Gunung Raung dan Gunung Ijen yang masih aktif, Gunung Widodaren dan Gunung Suket; di sebelah Barat terdapat Pegunungan Hyang dengan puncak Gunung Argopuro, Gunung Kilap dan Gunung Krincing; sedangkan di sebelah Utara terdapat Gunung Alas Sereh, Gunung Biser dan Gunung Bendusa.
Kondisi wilayah di Kabupaten Bondowoso memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi terhadap terjadinya bencana alam. Tingkat kemiringan dan tekstur tanah yang sedemikian, menjadi salah satu penyebab terjadinya erosi/longsor dan rendahnya jumlah cadangan air. Tanah yang mudah erosi seluas 46.974,2 ha (30,1%) dapat dijumpai di hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bondowoso. Adanya 2 gunung berapi yang relatif masih aktif (Raung dan Ijen), menjadikan Kecamatan Sempol, Tlogosari, Sukosari dan Sumberwringin cukup rawan terhadap bencana vulkanis.
Sebagai upaya mengurangi resiko bencana itulah, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso melakukan Kegiatan Pembentukan Siswa dan Santri Tanggap Bencana.



Tinggalkan Balasan